oleh

BPBD Bireuen Usul 2 Unit Armada Damkar Baru, 1 Unit Terealisasi

BIREUENSATU.COM | JEUMPA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen mengusulkan dua unit armada Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk memenuhi armada pemadam BPBD Bireuen, namun untuk tahun 2020, baru satu unit armada Damkar yang terealisasi.

“Kita mengusulkan pengadaan dua unit mobil, namun satu unit baru dapat terealisasi, semega kedepan dapat bertambah lagi, karena kita masih butuh beberapa unit mobil pemadam,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bireuen, Teguh Mandiri Putra, SSTP melalui Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bukhari ST juga sebagai PPTK pengadaan mobil pemadam itu, yang dikutip dari acehsatu.com, pada Selasa (29/9) pagi.

Kata dia, mobil pemadam baru yang telah terealisasi tahun ini merupakan merk Hino tipe 130 HD Dutro seharga Rp1.498.244.000 yang bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) Kabupaten Bireuen tahun 2020.

“Alhamdulillah, mobil Damkar baru telah sampai ke kantor BPBD di Desa Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa pada Senin 28 September 2020 kemarin,” katanya.

Ia berharap, kedepan mobil pemadam dapat ditambah lagi untuk ditempatkan di Posko Kota Bireuen sebanyak dua unit lagi, Pos Kutablang dan Simpang Mamplam masing-masing dua unit mobil pemadam baru.

“Kita juga sudah pernah mengusulkan pengadaan dua Pos Pemadam tambahan, yaitu di Matang Geulumpang Dua Kecamatan Peusangan dan Peulimbang,” katanya.

Menurut dia, hal itu penting, agar pada saat terjadi kebakaran, maka jarak tempuh untuk petugas pemadam lebih dekat dan dengan cepat ditanggulangi.

“Untuk dua pos baru ini juga butuh armada pemadam menanggulangi kebakaran jika terjadi di Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, juga Peulimbang sekitarnya,” jelas Bukhari yang didampingi Kasi Pencegahan dan Kesiagaan, Fadli SSos.

Untuk mobil pemadam dan tangki air yang berfungsi ada 7 unit, tiga unit di pos kota Bireuen salah satu rusak, dua unit masing-masing di pos Simpang Mamplam dan Kutablang.

“Satu damkar pos kota rusak, ada satu lagi mobil Damkar punya Pos Simpang Mamplam rusak kecelakaan,” jelas Fadli. [ ]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed