oleh

Bupati Muzakkar Resmikan Peternakan Puyuh di Kota Juang

BIREUENSATU.COM | KOTA JUANG – Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH MSi meresmikan pilot projek peternakan puyuh yang dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kota Juang, di Desa Bireuen Meunasah Tgk Digadong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, pada Kamis (17/9) pagi.

Kegiaan itu sebagai upaya untuk mengatasi persoalan ekonomi yang tengah dihadapi masyarakat saat masa pandemi Covid-19.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH MSi mengatakan, kegiatan ini untuk mengatasi persoalan ekonomi masyarakat diberbagai sektor dan salah satu dengan peternakan puyuh.

“Ini merupakan contoh atau sampel yang dilakukan BPP Kota Juang, kita berharap dapat mengajak masyarakat beternak puyuh,” ungkap Bupati Muzakkar.

Bupati Muzakkar berharap, hasil beternak puyuh ini diharapkan juga dapat menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Ternak puyuh ini cepat memperoleh hasil dan juga keuntungan, saat masih kecil harganya Rp3 ribu per ekor, setelah 45 hari harganya Rp 10 ribu per ekor, dan menjadi puyuh petelur untuk dijual telurnya,” katanya.

Menurut dia, kegiatan itu bagian dari memperkuat ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir Sp MSM menambahkan, pilot project peternak Puyuh tersebut dikelola oleh Zulfikar, Wakil Kepala BPP Kota Juang.

“Untuk tahap awalbibit puyuh sudah ada 2 ribu ekor dari 15 ribu ekor dibutuhkan,” jelasnya.

“Puyuh umur satu hari ini untuk dibesarkan dan 45 hari sudah menjadi puyuh petelur, saya berharap masyarakat agar dapat beternak puyuh untuk menambah penghasilan,” katanya.

Menurut dia, kebutuhan telur puyuh di Bireuen, selama ini dipasok dari Medan. [ ]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed